Memenangkan Jiwa Bagi Tuhan

Memenangkan Jiwa Bagi Tuhan Yesus

Keselamatan Itu Ada Di Dalam Seorang Pribadi
Satu-satunya kebenaran yang harus diyakinkan seyakin-yakin-nya dalam hati dan pikiran seorang pemenang jiwa ialah bahwa Yesus Kristus bukan suatu doktrin atau asas pelajaran. Tuhan Yesus adalah seorang Pribadi yang hidup, yang tidak dapat ditahan oleh kubur, dan dan yang pada sekarang hidup dan menunggu kesediaan manusia untuk mengadakan pertemuan secara pribadi dengan Dia.image

Mungkin seorang percaya akan Alkitab dari halaman pertama sampai yang terakhir, tetapi ia tidak memperoleh keselamatan, sebab keselamatan itu ada di dalam Pribadi Yesus Kristus dan bukan di dalam sebuah kitab, Alkitab sekalipun. Orang harus bertemu dengan Kristus dari Alkitab itu dan menerima Dia ke dalam hatinya. Jika tidak demikian, maka yang diperolehnya tidak banyak berbeda dengan agama-agama lain di dunia ini. Peristiwa pertemuan dan penerimaan secara pribadi inilah yang membedakan kekristenan dengan agama-agama yang lain.

Inti Pelayanan Mengesankan bahwa gereja adalah ruang pertemuan satu-satunya dengan Tuhan adalah kesalahan yang sudah sedemikian sistimatis dan masif sehingga sukar sekali untuk diubah, untuk membawa orang percaya kepada kekristenan yang sejati.  Kekristenan yang sejati adalah mengenakan pikiran dan perasaan Kristus dan hal itu terekspresi dalam tindakan konkrit kepada semua orang di sekitar kita.  Ruang pertemuan kita dengan Tuhan juga adalah lokasi dimana kita menolong orang yang membutuhkan keselamatan yaitu dihindarkan dari api kekal dan diperkenan masuk langit baru dan bumi yang baru.  Merekalah yang termasuk dalam saudara kita yang paling hina (Mat. 25:40). Cara berpikir yang salah telah menenggelamkan banyak orang Kristen untuk hidup bagi dirinya sendiri, tetapi mereka merasa bahwa mereka telah melayani Tuhan yaitu dengan ada dalam kegiatan pelayanan gereja.  Padahal inti pelayanan pada dasarnya adalah bagaimana orang di sekitar kita dibawa ke langit baru dan bumi yang baru.  Pada akhirnya usaha menyelamatkan jiwa-jiwa atau menolong sesama kita yang paling hina bukanlah sebagai kewajiban tetapi beban dan irama jiwa kita yang mengalir dengan sendirinya. Hal ini terjadi seiring dengan karakter Kristus yang semakin menguasai diri seseorang.  Irama pelayanan seperti ini yang benar dan murni. Pastilah mereka yang melayani dengan cara demikian tidak memperhatikan upah dalam bentuk apa pun.  Baginya yang penting menyelesaikan tugas sampai menutup mata. Mereka akan berusaha memaksimalkan potensi untuk dapat menjadi efektif bagi pekerjaan Tuhan.  Oleh sebab itu kita harus memiliki sesuatu untuk dapat dijadikan sarana dalam pelayanan menolong mereka yang membutuhkan pertolongan. Kalau kita tidak memiliki apa-apa maka kita tidak berguna. Dengan demikian mengembangkan potensi sehingga memiliki tubuh yang sehat, ekonomi yang baik dengan hikmat dan kecerdasan akan membuat seseorang efektif bagi Tuhan adalah bagian dari pelayanan.  Kalau orang Samaria yang murah hati tidak memiliki kemampuan (kekayaan dan fasilitas lainnya), maka walaupun ia murah hati ia tidak bisa berbuat apa-apa.  Hendaknya kita tidak merasa telah ikut serta dalam pelayanan untuk memindahkan manusia ke langit baru dan bumi yang baru, sementara potensi yang digunakan hanya beberapa persen saja.  Padahal yang Tuhan kehendaki adalah segenap hati, jiwa dan akal budi. Yang Percaya Katakan AMIN, (truth-media) Tuhan Yesus Memberkati Shalom.

Inti Pelayanan
Mengesankan bahwa gereja adalah ruang pertemuan satu-satunya dengan Tuhan adalah kesalahan yang sudah sedemikian sistimatis dan masif sehingga sukar sekali untuk diubah, untuk membawa orang percaya kepada kekristenan yang sejati.
Kekristenan yang sejati adalah mengenakan pikiran dan perasaan Kristus dan hal itu terekspresi dalam tindakan konkrit kepada semua orang di sekitar kita.
Ruang pertemuan kita dengan Tuhan juga adalah lokasi dimana kita menolong orang yang membutuhkan keselamatan yaitu dihindarkan dari api kekal dan diperkenan masuk langit baru dan bumi yang baru.
Merekalah yang termasuk dalam saudara kita yang paling hina (Mat. 25:40). Cara berpikir yang salah telah menenggelamkan banyak orang Kristen untuk hidup bagi dirinya sendiri, tetapi mereka merasa bahwa mereka telah melayani Tuhan yaitu dengan ada dalam kegiatan pelayanan gereja.
Padahal inti pelayanan pada dasarnya adalah bagaimana orang di sekitar kita dibawa ke langit baru dan bumi yang baru.
Pada akhirnya usaha menyelamatkan jiwa-jiwa atau menolong sesama kita yang paling hina bukanlah sebagai kewajiban tetapi beban dan irama jiwa kita yang mengalir dengan sendirinya. Hal ini terjadi seiring dengan karakter Kristus yang semakin menguasai diri seseorang.
Irama pelayanan seperti ini yang benar dan murni. Pastilah mereka yang melayani dengan cara demikian tidak memperhatikan upah dalam bentuk apa pun.
Baginya yang penting menyelesaikan tugas sampai menutup mata. Mereka akan berusaha memaksimalkan potensi untuk dapat menjadi efektif bagi pekerjaan Tuhan.
Oleh sebab itu kita harus memiliki sesuatu untuk dapat dijadikan sarana dalam pelayanan menolong mereka yang membutuhkan pertolongan. Kalau kita tidak memiliki apa-apa maka kita tidak berguna. Dengan demikian mengembangkan potensi sehingga memiliki tubuh yang sehat, ekonomi yang baik dengan hikmat dan kecerdasan akan membuat seseorang efektif bagi Tuhan adalah bagian dari pelayanan.
Kalau orang Samaria yang murah hati tidak memiliki kemampuan (kekayaan dan fasilitas lainnya), maka walaupun ia murah hati ia tidak bisa berbuat apa-apa.
Hendaknya kita tidak merasa telah ikut serta dalam pelayanan untuk memindahkan manusia ke langit baru dan bumi yang baru, sementara potensi yang digunakan hanya beberapa persen saja.
Padahal yang Tuhan kehendaki adalah segenap hati, jiwa dan akal budi. Yang Percaya Katakan AMIN, (truth-media) Tuhan Yesus Memberkati Shalom.

Agama-agama di dunia ini mempunyai suatu persamaan. Orang-orang diminta supaya menerima doktrin-doktrin atau asas-asas pelajaran, meyakini cara-cara dan jalan kehidupan, dan pada hakekatnya yang dikehendaki agama ialah supaya orang Percaya Sesuatu; sedangkan yang dikehendaki firman Allah ialah supaya orang MENERIMA SEORANG PRIBADI. Betapa besar bedanya “percaya sesuatu” dengan “menerima seorang Pribadi”.
Dimanakan letak perbedaannya ? Yang pertama adalah suatu pikiran atau pendapat dan yang kedua adalah suatu pengalaman.

Jika hidup itu ada di dalam Yesus Kristus sebagaimana dinyatakan di dalam Yohanes 14:16, maka sesungguhnya hanya ada satu jalan: Seorang harus memiliki Yesus Kristus secara pribadi supaya diselamatkan.

Ayat pendukung (1Yoh 5: 11-12).
“Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barang siapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barang siapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup”
Memenangkan Jiwa Bagi Yesus Berarti Memperkenalkan Orang Kepada Yesus
Seseorang harus bertemu dahulu dengan Kristus untuk dapat menerima Dia. Tugas kita-lah yang sudah mengenal Yesus sebagai Juruselamat pribadi kita yang harus memperkenalkan Dia. Memperkenalkan Tuhan Yesus sama dengan cara kita memperkenalkan orang apabila seorang bertemu dengan seorang lain, hanya terdapat perbedaan bahwa orang yang akan kita perkenalkan tersebut tidak dapat merasakan genggaman tangan dalam berjabat tangan, atau mendengar suara (perkataan) apabila berbicara dengan Tuhan Yesus, sebab kini Ia tidak bekerja dalam tubuh yang kelihatan di tengah-tengah kita.

Ia datang kepada kita sekarang sebagai ROH yang hadir di segala tempat supaya kita dapat menerima Dia dengan sesungguhnya. Hanya dengan demikian, yaitu di dalam ROH, kita semua dapat memiliki Dia dengan sepenuhnya. Keadaan ini seakan-akan menjadikan hal memperkenalkan itu agak sukar, tetapi ada pertolongan bagi kita.

Bukan kepandaian berbicara, bukan kecakapan dalam peragaan ataupun ilmu jiwa yang menjadikan Kristus nyatabagi setiap orang. Hanya Roh Kudus yang dapat mewujudkan hal ini di dalam diri seseorang, maka hendaknya si pemenang jiwa harus tetap pada kedudukannya sebagai orang yang memperkenalkan dan menyerahkan hal ini kepada Roh Kudus. Roh Kudus pasti tidak akan gagal dalam hal ini. Roh Kudus akan meyakinkan orang tersebut, bahwa Yesus sedang berada bersama anda.

Selalu ada tanggapan sesaat setelah perkenalan itu terjadi. Roh Kudus memperhatikan hal ini. Keputusan yang diambil, apakah keputusan untuk menerima Kristus atau untuk menolak Dia,membuktikan kehadiran_nya.

Anda Memerlukan Suatu Rencana
Setiap usaha memerlukan rencana terlebih dahulu, demikian juga untuk memenangkan jiwa bagi Yesus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Rencana itu dapat menimbulkan keyakinan dan menghasilkan keberanian.
Dengan rencana ini anda dapat mengetahui adanya tantangan dan tanggapan dari orang yang anda hadapi.
Anda dibebaskan dari perasaan tertekan memikirkan gerak-gerik tubuh, sehingga dengan bebas anda dapat memusatkan pikiran pada orang yang dilayani dan pada kehadiran Tuhan.
Anda dapat memimpin percakapan itu.
Rencana itu mengatur supaya anda tetap pada sasaran dan bekerja dengan teratur sehingga orang yang dilayani itu menerima keselamatannya
Rencana ini memberi kesempatan bagi anda untuk memikirkan jawaban-jawaban dan tanggapan-tanggapannya dengan bebas serta mengetahui pendapat orang yang dilayaniitu. Anda tidak akan bingung mengenai apa yang harus anda katakan berikutnya.
Anda tidak memerlukan banyak ayat Alkitab ataupun bantuan lainnya
Dengan rencana ini anda dapat segera membawa orang yang dilayani pada suatu keputusan.
Dengan rencana ini anda sendir tidak akan menjadi bingung.
Dengan rencana ini orang yang dilayani itu dapat mempercayai anda, karena anda sendiri menunjukkan kepercayaan yang teguh.
Dengan rencana ini anda tidak perlu kuatir tentang:”Bagaimana anda menjelaskan tentang Kristus dan Keselamatan itu?”
Anda akan senantiasa siap sedia setiap saat bila Roh Kudus membukakan kesempatan bagi anda untuk memenangkan jiwa bagi Tuhan Yesus.
Anda Memerlukan Alat
Sebuah Kitab Perjanjian Baru ukuran saku
Mengapa kitab Perjanjian Baru ukuran saku?
Untuk mempermudah anda dalam penyimpanan dan dapat dibawa kemana-mana, serta berikan tanda-tanda pada Perjanjian Baru anda agar anda dapat dengan cepat menemukan ayat -ayat yang anda butuhkan, sebab terlambat sedikit saja iblis dapat mengambil kesempatan karena anda terlalu lama mencari ayat-ayat tersebut, sehingga menyimpang dari sasaran.
Bacaan rohani yang diperlukan bagi orang yang baru percaya.
Semoga anda terbeban untuk memenangkan Jiwa bagi Tuhan kita Yesus Kristus, karena kita harus melakukannya sebab itu merupakan kesenangan bagi Tuhan kita Yesus Kristus, sehingga tidak hanya kita yang mendapatkan Kehidupan Yang Kekal di dalam Yesus Kristus, melainkan semua orang.

Salam Sejahtera di dalam Tuhan Yesus Kritus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s